Primus Fasilitasi Poktan Bogor Dalam Inovasi Hasil Pertanian

Poktan Cikarawang dalam acara Desiminasi Penerapan Teknologi Bagi Masyarakat (DPTM) bersama Kemenristek Dikti

Primusyustisio.com – Melalui program aspirasi anggota DPR-RI Komisi VII, Primus Yustiiso, bersama Kemenristek Dikti menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan teknologi farmasi tentang Singkong Menjadi Mocaf dan Olahannya. Program Desiminasi Penerapan Teknologi Bagi Masyarakat (DPTM) ini diselenggarakan di Aula Gapoktan Mandiri Jaya Cikarawang-Dramaga pada Senin,24 September 2018.

Objek kepesertaan dari kegiatan ini melibatkan warga Poktan Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor; daerah binaan Universitas Djuanda (Unida) Ciawi, Kabupaten Bogor-Jawa Barat. Kelompok-kelompok yang dilibatkan dalam kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini adalah ; poktan Urip, Poktan Melati, Poktan Andiri Jaya, Poktan Amanah, Poktan MD. Peserta juga difasilitasi bantaun mesin berupa; mesin pemotong singkong, mesin pengiris singkong, mesin pengiring chip mocaf, mesin penepung dan mesin pengaduk/mixer singkong.

Dalam kegiatan ini, para poktan diharapkan dapat memberikan nilai tambah (value added) dari hasil bertaninya. Selama ini, produk pertanian seperti singkong, hanya digunakan secara konvensional sebagai bahan konsumsi. Sedangkan dari sisi produktivitas ekonomi, warga belum dibekali pengetahuan dan inovasi produk pertanian. Dengan adanya kegiatan ini, kedepan, warga diharapkan dapat melakukan inovasi dari produk pertanian yang dihasilkan.

Urip, salah satu peserta yang berasal dari desa Cikarawang-Dramaga Kabupaten Bogor, kepada Primusyustisio.com mengatakan; “kami bersyukur, pak Primus dapat memfasilitasi warga melalui program aspirasi bersama Kemenristek Dikti. Kami memperoleh tambahan wawasan untuk melakukan inovasi dari hasil pertanian. Kami juga berterima kasih karena Ristek Dikti juga memberikan bantuan mesin pengolah.”

Anggota DPR-RI, Primus Yustisio, melalui stafnya, Arif Rahman mengatakan, semoga dengan kegiatan ini, warga Poktan semakin bersemangat dalam mengolah hasil pertanian dan meningkatkan produktivitasnya. Kegiatan DPTM ini merupakan wujud perhatian kami terhadap Poktan yang ada di Kabupaten Bogor,” demikian pungkasnya.

Share This Post

Post Comment