Terima Kasih Pak Primus, “Jalan Kami Sudah Terang”

Quote

“Saya hanya ingin bermanfaat
untuk masyarakat Kabupaten Bogor, sebagai konstituen saya.
Kalau mau kaya; di industri seni peran, saya sudah merasa cukup.
Politik hanya tempat saya mengabdi pada rakyat.”

— Primus Yustisio —-

Melalui program kemitraan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) cq Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE), anggota DPR RI Komisi VII, Primus Yustiso; memfasilitasi program Penerangan Jalan Umum (PJU) di Dapilnya; Kabupaten Bogor. Ada 300 titik yang menjadi objek pemasangan PJU di wilayah Kabupaten Bogor.

“Ini program Kementerian ESDM, cq Ditjen EBTKE. Tapi karena Kemen ESDM ini mitra Komisi VII DPR RI, maka program ini disalurkan pada anggota DPR-RI untuk daerah pemilihan masing-masing. Karena program PJU ini dari sisi anggaran; juga dibahas dan disetujui bersama; antara Komisi VII DPR RI dan Kemen ESDM,” demikian penjelasan Tantowi, salah satu volunteer Primus di Desa Jasingan Kabupaten Bogor.

Program ini disasarkan pada ruas jalan yang diobservasi pihak ESDM. Akhirnya; sekitar 300 ruas jalan yang menjadi objek pemasangan PJU. Alhamdulillah, pemasangan PJU ini tidak menggerus anggaran daerah, dikarenakan program ini merupakan bagian dari konservasi energi. Pasokan sumber energi PJU berasal dari tenaga surya dengan lampu LED (Light Emitting Diode).

Jadi, dengan adanya pemasangan PJU ini; ruas-ruas jalan yang tadinya gelap gulita, menjadi terang benderang. Hal ini juga dalam rangka meminimalisir kecelakaan bagi pengguna jalan. Selain itu, Pemda Kabupaten Bogor juga tak perlu mengeluarkan APBD untuk program penerangan jalan. Warga dan pengguna jalan umumpun terbantu dengan adanya program ini.

Sejatinya, ini program Kementerian ESDM. Namun atas permintaan anggota DPR RI Komisi VII sebagai mitra dalam pembahasan program kementerian, program ini disasarkan pada ruas-ruas jalan berdasarkan aspirasi warga Kabupaten Bogor (konstituen Primus). Namun sebelumnya, diobservasi lebih dulu oleh pihak Kementerian ESDM.

“Kami berterima kasih kepada pak Primus; dan tentu Kementerian ESDM, karena atas program Kementerian ESDM yang bermitra dengan Primus sebagai anggota DPR RI, jalan kami terang. Sebelumnya, ruas jalan kami ini gelap gulita. Pada mulanya kami hanya menunggu dari Pemda; namun mungkin keterbatasan anggaran daerah, fasilitas penerangan jalan umum sekian lama belum terealisasi. Dengan adanya program PJU ini, jalan kami sudah terang, Alhamdulillah.” Demikian tutur KH Ma’mun, salah satu tokok Kmp Lebak Wangi, desa Rengas Jajar, Kecamatan Cigudeng.

Ucapan terima kasih juga datang dari warga masyarakat dari 300 titik pemasangan PJU. Mereka katakan, dengan adanya program PJU; penggunaan jalan dimalam hari yang tadinya agak mengkhawatirkan karena gelap, kini justru lebih nyaman. Sudah terang benderang *** (M/Admin)

Share This Post

Post Comment