Primus Ajak Warga Bogor Lestarikan Lingkungan

Anggota DPR RI Komisi VII Primus Yustisio melakukan penanaman Alpukad di Cilember Jawa Barat(Foto : Adm)

Primusyustisio.com – Cilember memiliki potensi wisata ekologi yang luar biasa. Selain kondisi hutan yang masih terawat dengan baik, juga destinasi wisatanya. Terutama yang paling terkenal yaitu wisata air terjun yang berada di 7 titik di kawasan hutan lindung Cilember. Demikian juga pusat konservasi kupu-kupu yang sangat terkenal.

“Semoga warga Cilember menjadikan alam sebagai bagian dari hidupnya dan terus melestarikannnya.” Demikian ungkap Primus saat memberikan sambutan pada acara seminar Pengenalan Konservasi dan Pengembangan Potensi daerah di desa Cilember Kecamatan Cisarua Jawa Barat pada Senin (4/9/2017). Acara di merupakan kerja sama Komisi VII DPR RI dengan mitranya Lembaga Ilmu Pengatuan Indonesia (LIPI).

Dalam sambutannya, Primus juga katakana, ke depannya, semoga bukan hanya pusat konservasi kupu-kupu yang berada di Cilember, tapi juga pusat konservasi bagi biota-biota unik lain yang ada di hutan Cilember. Oleh karena itu, kegiatan pengenalan konservasi ini diharapkan dapat mendidik masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran merawat dan melestarikan lingkungan, dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar kita.

Bila ekosistem terjaga dengan baik, maka keanekaragaman hayati akan terus tumbuh dan berkembang. Tentu hal ini akan memberikan manfaat kepada kita. Saya juga melihat, bahwa potensi alam serta destinasi wisata ekologi di Cilember ini, menjadi asset penting bagi pemerintah daerah dalam rangka mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sisi jasa pariwisata.

Selain dari itu, pertumbuhan pengunjung wisata ekologi di Cilember, juga bisa menggairahkan kehidupan ekonomi masyarakat di sekitar. Namun demikian, pemerintah daerah dan stake holder terkait, perlu terus melakukan studi dan observasi untuk menggali kekayaan Sumber Daya Alam di Cilember, dalam rangka mengambil manfaat positif dari potensi yang ada di daerah Cilember; baik dari sisi pariwisata serta manfaat lainnya

Pada kesempatan yang sama, warga Cilember juga anstusias dan berterima kasih pada Primus yang telah menyumbangkan 5000 pohon yang terdiri dari avokad, kidamar jati, dan durian. Kepala desa dan warga Cilember berterima kasih kasih kepada Primus yang telah memberikan perhatian pada masalah konservasi lingkungan di daerah puncak [Adm]

Share This Post

Post Comment